AWAS HABIT BURUK UNTUK LEMARI BAJU MU!


Pinterest.com


Apa sih yang kamu ketahui tentang fungsi lemari baju? Yas! Lemari adalah tempat untuk menyimpan pakaian supaya terorganisir juga bersih. Dewasa ini lemari pakaian atau almari baju memiliki banyak model yang dapat disesuaikan, bisa dengan bantuan hanger yang disesuaikan dengan model pakaian yang akan digantung atau bisa juga dilipat dan ditumpuk rapi sesuai dengan model lemari dengan skat.

 

Untuk model lemari biasanya tergantung dari seberapa banyak baju yang akan disimpan yang bisa disesuaikan dengan model lemari pakaian dua, tiga hingga empat susun bahkan lebih besar. Meski begitu tetap harus diperhatikan terhadap penggunaannya, karena fungsi lemari untuk bayi dan orang dewasa tentu akan berbeda.


Kini lemari baju, telah semakin banyak bertransformasi dimulai dari bentuk hingga material pembuatannya. Salah satu bentuk transformasi dari lemari adalah dengan menggunakan bahan material plastik yang lebih ringan dan mudah untuk perawatan serta lebih murah namun juga tidak rapuh serta dibuat untuk kokoh dan kuat. Lemari baju sangat penting untuk menciptakan rumah yang bersih dan rapi.


Namun terkadang pakaian yang seharusnya tertata rapi justru menumpuk tidak kauran di dalam lemari yang membuatnya semakin berantakan. Ketika lemari pakaian dalam keadaan tidak rapi, barang-barang yang berserakan di sekitar lemari membuat ruangan akan terlihat lebih berantakan bukan.


Lemari baju memang termasuk furniture yang paling sulit untuk ditata karena banyaknya barang terlebih jika lemari tersebut sangat besar dan berat, pasti repot. Oleh karenanya ada berbagai macam pakaian dengan kegunaan yang berbeda, serta aksesori beraneka rupa disimpan di dalam lemari pakaian. Akibatnya, kamu harus membongkar isi lemari pakaian hanya untuk menemukan pakaian yang ingin dipakai.


Jika kamu pernah merasakan atau sedang pada situasi tersebut tanpa kamu sadari, sebenarnya selama ini kamu memiliki kebiasaan buruk lho yang membuat lemari pakaian kamu selalu berantakan. Nah, mau tau kebiasaan apa saja yang bikin lemari kamu berantakan terus? Simak ya artikelnya dan lihat kamu termasuk yang mana?


Tidak mengkategorikan pakaian berdasarkan penggunaan



Terdengar remeh memang, tapi pakaian yang diatur dengan mengkategorikan jenis pakaian ternyata cukup penting untuk kerapian lemari pakaian lho. Kamu bisa memulainya dengan membuat efisiensi penggunaan ruangan dalam lemari pakaian dengan menyortir pakaian berdasarkan ukuran dan jenis pakaian, seperti kemeja, celana, dan dress.


Menata pakaian berdasarkan kategorinya di dalam lemari plastik ini bukan berarti menatanya berdasarkan warna atau jenis pakaian saja. Kamu juga bisa menata pakaian atau aksesori berdasarkan seberapa sering pakaian tersebut kamu pakai. Aturlah sesuai pengelompokkan gaya, warna, atau kegunaan.


Jika memungkinkan, pastikan tidak ada pengaturan yang saling bertumpuk di dalam lemari pakaian. Cara ini akan membuatmu lebih mudah dalam mencari pakaian yang ingin dipakai. Coba praktikan yuk!


Malas membersihkan lemari baju


Kebiasaan buruk lainnya yang membuat lemari baju mu berantakan adalah karena kamu malas membersihkannya. Kebiasaan ini bisa sangat krusial lho pada kondisi lemari baju dan akan berimbas ke pakaian kamu juga. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah membuat jadwal rutin untuk membersihkan lemari baju, misalnya sebulan sekali. Jangan jorok!


Ketika membersihkan lemari baju, kamu juga bisa sekalian memilah pakaian yang tidak akan dipakai lagi, belum pernah dipakai, serta juga pakaian yang perlu diperbaiki. Dengan begitu, akan ada ruang kosong pada lemari baju milikmu untuk barang yang lainnya. Kebiasaan rajin membersihkan lemari plastik ini penting untuk dilakukan agar lemari plastik tidak kelebihan muatan dan berantakan.


Kebiasaan suka mengeluarkan isi lemari baju


Faktor lain yang juga bisa membuat lemari pakaian berantakan adalah kebiasaan kamu untuk mengeluarkan isi lemari dan menunda untuk merapikannya kembali. Nah, setelah mengeluarkan dan memilih pakaian yang akan dipakai, jangan lupa untuk melipatnya ya.


Atau kamu juga bisa menggantung pakaiannya. Untuk membuat pakaian yang digantung dengan hanger tetap awet, kamu harus teliti memilih hanger dan gantungan baju dengan kualitas bagus agar tak merusak pakaianmu.


Menaruh pakaian seenaknya di dalam lemari pakaian


Melipat dan menyortir pakaian memang membutuhkan effort agak lama. Tapi kebiasaan menaruh barang seenaknya ke dalam lemari pakaian akan membuat lemari pakaian berantakan. Akibatnya, lemari pakaian akan terasa penuh. Kebiasaan ini juga akan membuatmu kerepotan kalau ingin memilih pakaian yang hendak kamu gunakan.

Jika kamu ingin cara yang lebih efektif saat menyimpan baju, gunakan gantungan baju dengan warna yang berbeda untuk menandai jenis baju yang ada di lemari pakaian. Misalnya, gantung pakaian-pakaian atasan dengan gantungan merah muda atau pakaian-pakaian kerja dengan gantungan hijau. Kamu juga bisa menambahkan cabinet sebagai storage ekstra.


Tidak memberi sekat pada ruang di dalam lemari pakaian.


Mencampur semua jenis pakaian dalam satu ruang juga menjadi penyebab kenapa lemari pakaian selalu berantakan. Adanya sekat pemisah antar pakaian juga diperlukan untuk menciptakan lemari pakaian yang rapi. Tips lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah keberadaan sekat di dalam lemari pakaian.


Sebisa mungkin letakkan beberapa sekat plastik atau keranjang pakaian untuk menyimpan baju dalam, dasi, atau perhiasan di dalam lemari pakaian. Sekat-sekat tersebut juga dapat digunakan sebagai pemisah antar pakaian yang berbeda kategori.


Jangan sia-siakan ruang di bawah pakaian-pakaian yang digantung di dalam lemari pakaian. Letakkan wadah penyimpanan plastik berisi pakaian di bawahnya. Jika ada ruang untuk menempatkan lemari laci kecil, letakkan saja di dalam lemari pakaian.


Selain itu kamu juga bisa menyimpatan pakaian yang suah dilipat kedalam laci atau boks tersebut. Kelompokkan mereka sesuai dengan jenis pakaian atau bahan.

Kemudian tempel label dibagian depan boksnya. Langkah ini akan menghemat ruang dan waktu kamu. Sekarang kamu sudah tahu kan kenapa lemari pakaian sering berantakan? Oleh karena itu, hati-hatilah dalam menata lemari pakaian ya, supaya lemarimu selalu bersih dan rapi!




#lemaripakaian #furniture #furniturerumah #lemariplastik #lemaripakaianplastik #lemariplastiksusun #lemariplastikgantung #lemariplastikserbaguna #lemaripakaiansusun #PTMitraJoferIndonesia #lemaribaju

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square